Pemkab Pesawaran Dan Baznas Salurkan Bantuan 19-31 April

Kabag Kesejahteraan Sosial dan Kemasyarakatan (Kesosmas) Pesawaran, Razak/ Rama
Kabag Kesejahteraan Sosial dan Kemasyarakatan (Kesosmas) Pesawaran, Razak/ Rama

Pemkab Pesawaran bekerjasama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) akan salurkan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan di 11 Kecamatan di Bumi Andan Jejama.

Kepala Bagian (Kabag) Kesejahteraan Sosial dan Kemasyarakatan (Kesosmas) Pesawaran, Razak mengatakan, kegiatan tersebut sekaligus sebagai silaturahmi Pemkab dengan masyarakat di bulan Ramadan 1442 H tahun ini. 

“Tahun ini adanya silaturahmi Ramadan, jadi tidak ada buka puasa bersama ataupun salat tarawih bersama masyarakat, Bupati hanya berkunjung di setiap kecamatan bersama dengan Baznas untuk menyerahkan bantuan,” ujar Razak, Jumat (16/4)

Menurutnya, kegiatan tersebut akan dimulai pekan depan, Senin (19/4) sampai Jumat (31/4)selama Ramadan, yang dilaksanakan di beberapa masjid yang sudah ditentukan di 11 kecamatan tersebut.

“Kunjungan akan dilaksanakan selama dua pekan kedepan, jadwalnya itu seminggu tiga kali yaitu Senin, Rabu dan Jumat untuk waktunya berbeda-beda ada yang sesudah dzuhur ada yang sebelum ashar,” ujarnya. 

“Untuk senin depan kita awali kegiatan tersebut di Kecamatan Punduh Pidada mulai pukul 13.00 Wib sampai selesai dan dilanjutkan ke Marga Punduh pukul 14.30 Wib sampai dengan selesai. Untuk Kecamatan yang lain menyesuaikan dengan jadwal yang sudah ditentukan,” katanya.

Lebih lanjut, Razak mengatakan peserta pada kegiatan tersebut dibatasi hanya 60 orang, hal ini untuk mencegah terjadinya kerumunan mengingat saat ini masih dalam kondisi pandemi Covid-19.

“Karena kita juga menerapkan prokes, jadi peserta hanya ada 60 itu sudah termasuk masyarakat yang menerima bantuan, pihak Pemkab serta Kades setempat,” tuturnya.

Ia menuturkan, pada kegiatan tersebut Bupati akan menyerahkan santunan secara simbolis kepada masing-masing perwakilan anak yatim, kaum dhuafa, penerima bantuan bedah rumah dan anak berprestasi yang tidak mampu. 

“Bupati akan menyerahkan bantuan secara simbolis kepada beberapa perwakilan saja, dan untuk yang lain yang tidak hadir nanti bantuannya akan dititipkan kepada Kades atau tokoh masyarakat setempat,” jelasnya.

Selain itu, pada kegiatan tersebut Pemkab Pesawaran juga akan menyerahkan bantuan anggaran sejumlah Rp10 juta kepada masjid terpilih.

“Kita juga akan berikan kepada masjid terpilih yang memang sudah mengajukan proposal kepada kita, jadi penyerahan bantuan bersama Baznas itu di masjid yang juga mendapatkan bantuan anggaran dari Pemkab,” jelasnya.

Ia juga menambahkan, kegiatan tersebut akan dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan yaitu 3M+1T (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan tidak berkerumun.

“Kegiatan tersebut akan tetap menerapkan prokes untuk mencegah penyebaran Covid-19,” pungkasnya.