Ratusan Peserta Ikuti Gebyar Bonsai Kota Beribu Senyuman

RMOL BABEL. Asisten Administrasi Umum Pemerintah Kota (Pemkot) Pangkalpinang, Erwandi membuka Gebyar Bonsai (pameran dan kontes bonsai) Kota Beribu Senyuman, Jumat (11/9/2020) bertempat di Pasir Padi Bay Pangkalpinang.


Erwandi mengatakan, kegiatan ini merupakan hal yang positif yang bertujuan untuk memberikan edukasi terhadap lingkungan, terlebih dapat memberikan nilai tambah ekonomis kepada semua pecinta bonsai.

"Pada prinsipnya kami dari Pemerintah Kota (Pemkot) Pangkalpinang sangat mengapresiasi kegiatan seperti ini, dimana selain memberikan nilai ekonomis juga untuk mempererat silahturahim, berbagi ilmu serta membina persahabatan," ujar Erwandi.

Dirinya juga menyarankan, kegiatan seperti ini diharapkan dapat terus berkelanjutan untuk mengukur efektifitasnya sehingga berdampak pada ekonomi kreatifnya.

"Kami akan terus membina kerjasama antar kumunitas yang bersifat kebaikan. Kami juga akan melakukan pendekatan dengan komunitas sehingga membawa kebaikan, kemajuan serta menimbulkan multi player efek untuk Kota Pangkalpinang," tukas Erwandi.

Sementara, ketua pelaksana Gebyar Pameran dan kontes bonsai Kota Beribu Senyuman, Syamsul Hilal mengungkapkan ada sebanyak 600 pot yang mengikuti gebyar bonsai ini yang terdiri dari tiga perkumpulan yakni perkumpulan Bonsai, Bugenvil dan Kelapa Mini dari berbagai daerah se- Bangka.

Melihat antusias peserta yang membludak, Syamsul mengungkapkan jumlah peserta yang mengikuti gebyar bonsai tahun ini naik dua kali lipat dari agenda rutin Penggemar Perkumpukan Bonsai Indonesia (PPBI) cabang Pangkalpinang pada tahun sebelumnya.

"Pada tahun sebelumnya, jumlah peserta gebyar bonsai hanya berkisar 300 saja. Alhamdulillah tahun ini lebih dari 600 yang mengikuti. Dari hal ini pula, kita berharap dapat memberikan efek dan nilai ekonomis bagi para penggemar serta dapat mengangkat jenis bonsai lokal untuk bersaing dan di pasarkan ke luar Bangka,"  tukas ketua PPBI Pangkalpinang itu.